-->

ensiklopedia untuk kita semua

Mesin waktu dan Perjalanan Melintasi Waktu

apakah ini pendapat kamu tentang waktu?
"waktu selalu berjalan dengan kecepatan yang sama dimana2 di seluruh alam semesta ini"
apakah ini pendapat kamu tentang ruang?
"ruang ya begitu aja.. 3 dimensil dan statis"
maka kamu salah, ternyata ruang waktu itu sangat relatif, bisa berubah2 tergantung keadaanya.. dan ini buktinya
BUKTI RELATIVITAS RUANG WAKTU
ada 2 hal yang bisa mempengaruhi ruang waktu... Kecepatan dan gravitasi
dan ini buktinya

Gravitational Lensing
bagaimana gravitasi bisa mempengaruhi ruang dan waktu? gini, pertama kamu jangan salah paham ttg gravitasi.. gravitasi bukan cuma sesuatu yang narik kamu ke bumi.. bukan..
gravitasi adalah pembengkokan ruang dan waktu yang dilakukan oleh benda bermassa.. dan semakin besar massa suatu benda, semakin besar pula pembengkokkan ruang waktu yang dilakukkanya..
dan ini adalah bukti dari pembengkokkan
liat? di tengah gambar tersebut keliatan banget gambarnya 'menggembung'.. ini terjadi karena galaksi yang dilewati cahaya tsb memiliki massa yang besar sehingga ruang waktu bengkok.. dan saat cahaya melewatinya, jalur cahaya tersebut juga membengkok.. jadinya keliatan menggembung
coba kita liat gambar ini kalo (misalnya) dilihat dari samping
kenapa ruang waktu bisa membengkok karena massa yang besar?
ini karena ruang waktu bersifat seperti kain..
kalo sebuah kain seprei dibentangkan dan kamu naruuh bola bowling di atasnya.. maka bola bowling itu akan membengkokkan seprenya kan?
itulah yang terjadi di alam semesta ini.. pembengkokkan ruang oleh benda bermassa

Muon
Muon adalah partikel yang hanya hidup selama 2/1juta detik.. Muon terbentuk saat cosmic ray terbentur atmosfir atas bumi..
karena Muon hidup hanya selama 2/1juta detik, HARUSNYA mereka hanya mampu berjalan sekitar beberapa ratus meter sebelum lenyap.. tapi kenyataanya, banyak Muon ditemukan di permukaan bumi..
kenapa bisa begitu??
karena kecepatan mempengaruhi waktu.. semakin cepat suatu benda bergerak, semakin lambat waktu berjalan baginya.. ini yang disebut dilasi waktu..
inilah kenapa si Muon yang hidup selama 2/1juta sekon mampu sampai ke permukaan bumi..
karena 2/1juta sekon bagi dia = beberapa sekon bagi kita..

PERGI KE MASA DEPAN, MUNGKINKAH?
 
DENGAN KECEPATAN
inget si Muon? dia mampu 'pergi ke masa depan' karena ia memiliki kecepatan yang luar biasa..
JADI TEORINYA GINI:
kita bergerak dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.. supaya waktu berjalan lebih lambat bagi kita, dan begitu kita kembali ke kecepatan normal, maka bumi sudah futuristik gitu..
hanya saja ada masalah mengenai ini:
yang doyan kebut2an pasti tau.. semakin cepat suatu benda bermassa bergerak, semakin berat dirinya.. dan semakin berat sesuatu, semakin besar tenaga yang diperlukan untuk menggerakkanya..
maka untuk menggerakkan kita mendekati kecepatan cahaya, diperlukan energi yang luar biasa besar.. dan seluruh energi di bumi pun ga bakalan cukup..


DENGAN GRAVITASI
diatas udah gua jelasin ttg pengaruh gravitasi thd ruang.. bukan thd waktu.. tapi karena ruang dan waktu terikat erat, maka perubahan di ruang juga berpengaruh thd waktu..
maka..
semakin besar suatu daerah terbengkokkan ruangnya maka waktunya akan berjalan semakin lamban..
contoh:
karena semakin dekat kamu ke inti bumi, semakin besar pula gravitasinya, dan sebaliknya.. waktu bagi maka orang yang ada di permukaan bumi, lebih lambat bagi orang yang ada di lantai 100 gedung bertingkat.. (walopun perbedaan jarak waktunya sangat sangat sangat kecil banget)
JADI TEORINYA GINI:
kita pergi ke tempat yang massanya lebih gede dari bumi, supaya waktu berjalan ambat bagi kita dan cepet bagi bumi.. sehingga pas kita balik ke bumi.. bumi udah futusitik..
oke.. apa coba benda yg massanya jauh lebih gede dari bumi, yang memungkinkan perjalanan waktu?? ya black hole..
black hole adalah benda yg bermassa luar biasa dan sangat padat.. tentu aja gravitasinya gila2an..
dan gravitasi yang gila, tentu aja bakalan memperlambat waktu dengan gila... (bahkan di pusat black hole/singularitas.. waktu berhenti.. saking kuat gravitasinya)
tapi, seperti menjelajahi waktu dengan kecepatan, hal ini juga punya masalah.. masalah sangat besar:
KAMU BAKAL MATI!! begitu kamu melewati event horizon.. gak ada cara bagi kamu unuk keluar.. maka kamu bakal terhisap ke sigularitas.. dan dihancurkan sampai ketiadaan..
WORM HOLE
kalo cara2 diatas sepertinya hanya bisa pergi ke masa depan tanpa bisa ke masa lalu, kalo worm hole bisa pergi ke masa depan maupun masa lalu..
lalu apa itu worm hole?
gini.. seperti kita ketahui, ruang waktu itu seperti kain.. ato kertas juga lah..
sekarang kamu ambil kertas.. bikin titik A dan titik B, jaraknya misalnya 10 cm.. kalo kita mau jalan dari a ke b, tentu bakal 10 cm bukan??

nggak.. coba kamu lipet kertas itu, dekatkan A ke B dan buat lobang di kertas itu.. lubang itulah yang disebut worm hole.. jalan pintas menembus ruang waktu..
nah karena melalui jalan pintas ini kamu berarti jalan lebih cepat daripada cahaya (yang melalui jalan biasa) maka kamu bisa pergi ke masa depan dengan ini.. dan tergantung cara kamu melipat ruang waktunya.. kamu bisa juga pergi ke masa lalu...

masalah dari worm hole tentu aja jelas..
1. kita belum tau bagaimana cara melipat ruang.
2. perlu energi yang luar biasa untuk 'melubangi' ruang waktu..

MESIN WAKTU RONALD MALLET
Kamu pasti pernah denger E=mc^2.. Energi yang dihasilkan = massa. x kecepatan cahaya kuadrat..
artinya, kalo kamu melarikan sebuah benda bermassa M (kg) dengan kecepatan c (m/s) kuadrat.. maka kamu akan menghasilkan energi sebesar E (joule)..
jadi menurut teori ini, baik materi maupun energi mampu menciptakan medan gravitasi. dan karena cahaya adalah energi, dia make sinar laser unutk membuat gravitasi..
yang dia lakukan adalah menyilang2kan banyak sinar laser untuk menciptakan efek gravitasi, membuat lubang di ruang waktu, dan (menurutnya) bisa menciptakan mesin waktu..
TAPI
1. lubang di ruang waktunya sangat kecil... boro2 manusia bisa masuk.. mungkin hanya partikel sub atomik yang muat..
2. kemampuannya kembali ke masa lalu terbatas pada waktu mesin waktu tsb dinyalakan.. misalnnya mesin waktunya dinyalain jam 12 tgl 1 januari 09.. nah ya paling mentok ke masa lalunya ya ke jam 12 1 januari 09 itu.. gak bisa ke sebelumnya..
mesin waktu ini masih dalam tahap pengembangan. walaupun banyak yg pesimis, tapi ronald mallet tetep melanjutkannya.

TIME PARADOX
Gimana kalo kita udah punya mesin waktu yang bener2 bekerja? apakah menggunakannya bakal membuat kekacauan di ruang waktu?
Mungkin gak ini terjadi? gimana kalo kamu bunuh kakek kamu sebelum bapak kamu ada? apakah kamu bakal hilang nantinya???
karena semua hal yg kita lihat ini terbuat dari atom, maka mendingan kita liat dulu apa yg terjadi di dunia atom.. sebenernya partikel2 atom itu penjelajah waktu secara alami
ini adalah percobaan 2 celah.. sebuah partikel (elektron) ditembakan melalui sebuah celah, lalu dari celah tersebut dibuat lagi 2 celah dibelakangnya...
harusnya kan partikel memilih salah satu dari 2 celah tersebut untuk dilalui kan? tapi anehnya enggak! ternyata 1 partikel dapat melalui 2 celah!!
ini berarti sebuahpartikel dapat berada di 2 tempat sekaligus!? dan karena kita terdiri dari partikel, kita mungkin juga bisa berada di 2 tempat secara bersamaan.. hal ini membuat ilmuwan memikirkan ttg teori gila lainnya... multiverse.

MULTIVERSE
pernah nonton filmnya Jet lee.. the one?
disini diceritain bahwa si jet lee ini punya banyak kopi dirinya di semesta2 lain.. di semesta A dia jadi polisi, di semesta B dia jadi beach boy, dll..
Ilmuwan percaya ini sangat mungkin terjadi.. kenapa? inget partikel yang bisa menjadi 2 tadi? bila partikel2 yang menyusun alam semesta ini bisa bercabang menjadi 2 sekaligus.. mungkin saja seluruh semesta kita ini bisa bercabang-cabang bila ada cabang bagi kemungkinan yang akan terjadi..
misal:
beckham nendang freekick.. jadi kemungkinannya: meleset ke kiri, meleset ke kanan, kena pager betis ditepis, ditangkep, gol, bisa juga dia tiba2 mati jantungan, dsb... jumlah kemungkinannya tak terbatas..
maka jika sebuah objek dihadapkan kepada kemungkinan yang buanyak ini, maka semesta akan bercabang-cabang mengikuti kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi..
memang kedengerannya gila.. tapi bila partikel bisa melakukannya.. maka seluruh semesta yang terdiri dari partikel ini dapat melakukannya kan!
balik lagi ke pertanyaan semula..
apa yang terjadi kalo kamu bunuh kakek kamu sebelum dia ngelahirin bapak kamu?
inget multiverse tadi?
ini membuktikan kalo kamu kembali ke masa lalu dan mangubah sejarah.. apa yang sudah terjadi di semesta kamu gak akan berubah, kamu gak bakalan hilang..
karena itu hanya akan membuat semesta baru, yang berbeda dengan semesta kamu sebelumnya..

source: http://beye-beyeblog.blogspot.com/2010/04/penjelasan-teori-mesin-waktu.html


4 daerah pengenalan diri 7 jenis Kecerdasan 7 kebiasaan efektif Acceptance alinea penuh kalimat topik anti virus program anti virus protection antivirus antivirus firewall antivirus firewall software antivirus for vista antivirus plus antivirus program antivirus protection antivirus security antivirus windows vista april mop software arti Melankolis arti Phlegmatis aturan Negosiasi avoid v1.01 Bahasa indonesia Berbagai Teori Kepemimpinan BritneyGame business process management training buy antivirus buy antivirus software cerita harry potter cheap antivirus cheap antivirus software ciri EQ Tinggi citra diri coaching management sales training coercive power computer anti virus computer antivirus computer antivirus software contoh konflik antarpribadi contoh paragraf eksposisi contoh paragraf sebab akibat contoh paragraf umum khusus Contoh Surat Contoh surat keterangan contoh surat niaga contoh surat pemberitahuan contoh surat perjanjian contoh surat permintaan keterangan bank contoh surat permintaan referensi Contoh Surat Referensi contoh surat rekomendasi kuliah dasar perilaku organisasi dasar dasar organisasi dasar dasar prilaku kelompok dasar kekuasaan definisi definisi PSIKOFISIK Definisi Kelompok Kerja definisi kepemimpinan definisi koleris definisi Manajemen Konflik Definisi Negosiasi dewasa Emosi Diri Buta Diri terbuka Diri Tersembunyi emotional Affection Emotional Affirmation Emotional Awareness emotional quotient Emulator EQ Rendah fakta lucu dan unik Fakta Perkembangan flights to surat Florence Littaurer Format Surat Pemberitahuan free trial antivirus software funsi bahasa Gambaran Diri Sendiri dan Karakter GAME BOOSTER GAMETHRUST by SWIFTDOG HarrIngton Ingham harry potter hotel in surat hotel surat india hotels in surat introvert ekstrovert Isi Surat Keterangan isi surat referensi itil service management training Jendela Johari jenis surat dinas johari berasal dari Johari Windows John Powell adalah Joseph Luft Kapan film Harry potter yg ke 7 keluar part 1 dan 2 Kecerdasan Emosional Kedewasaan Emosional Kekuasaan (Power) kepemimpinan situasional Kepemimpinan yang efektif keuntungan dan kelebihan komunikasi lisan dan tulisan Klasifikasi Kelompok komunikasi komunikasi Lisan komunikasi publik Komunikasi Tulis konflik Konsep Diri dan Nilai Diri Korespondensi Korespondensi niaga Kuliah Laras bahasa legitimate power makna PSIKOSOMATIS makna tujuh kebiasaan efektif Manajemen manajemen diri Manajemen Konflik Manajemen Konflik adalah manajemen perilaku organisasi Materi Kuliah Matikan Antivirus Matriks Manajemen Waktu Mengenal Tipe Kepribadian Manusia menulis paragraf naratif metode paragraf micro trend antivirus model komunikasi Naikan prioritas Game di Taskmanager nilai dan realita online business management training Paragraf pc antivirus pc antivirus software pengertian Pengertian Citra Diri pengertian Kepribadian pengertian Manajemen Konflik Pengertian Negosiasi pengertian paragraf Pengertian Pengembangan Diri pengertian referensi pengertian referensi adalah pengertian Sangunis Pengertian Surat Keterangan Pengertian Surat Pemberitahuan Percaya Diri perilaku kelompok perilaku kelompok organisasi Perilaku Organisasi Perilaku Politik Pola Emosi Reaktif powered by wordpress prank proaktif reaktif project management training classes property in surat Proses Negosiasi Psikologi ragam bahasa Raymond Ross realitas politik referensi adalah refrensi adalah rekomendasi kerja review Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 reward power RIVATUNER V2.24 sinergi software iseng software jail jahil Stage of group development Strategi Negosiasi surat surat diamonds surat hotels surat india surat keterangan jabatan dalam organisasi surat keterangan jabatan organisasi surat news surat pemberitahuan resmi surat rekomendasi dokter surat thani surat thani thailand Syarat Paragraf Syarat surat Perjanjian taktik kekuasaan tanggal tayang perdana Harry Potter 7 part 1 tawar-menawar teknik image management Teknik Pengambilan Keputusan Teknik Presentasi Teori Kepribadian Umum Teori Komunikasi Teori perilaku Tim Atau Kelompok Tips Gaming di PC dengan Spec Rendah trend antivirus tujuan surat keterangan TUNEUP UTILITIES 2010 Unknown Self unsur citra diri unsur komunikasi UPDATE DIRECTX virus protection virus protection software wp