Pengertian Surat Pemberitahuan
Salah satu cara yang efektif dan formal untuk memberitahu sesuatu hal dari perseorangan atau organisasi kepada pihak lain (perseorangan atau organisasi) adalah dengan mengirim surat. Surat yang isinya memberitahukan tentang suatu hal disebut surat pemberitahuan.
Macam-macam Surat Pemberitahuan
Semua surat pada dasarnya berisi informasi atau menginformasikan sesuatu. Informasi yang disampaikan melalui surat dapat dibedakan atas dua macam :
a. Informasi yang bersifat mengabarkan, dan
b. Informasi yang tidak sepenuhnya mengabarkan, melainkan lebih bersifat rekaman berita.
Kedalam kelompok pertama itulah termasuk surat pemberitahuan bersama surat penawaran, pesanan, permohonan, lamaran dan surat lain yang mengabarkan. Kedalam golongan kedua dapat dimasukkan surat-surat akta, kontrak, rekomendasi, keputusan, serta semua surat-surat tanda bukti yang pada dasarnya berisi rekaman berita tentang suatu aktivitas.
Dari segi modelnya surat pemberitahuan dapat
dibuat berjudul dan dapat pula berperihal. Dalam praktik, yang lebih banyak dipakai adalah surat pemberitahuan berperihal. Surat pemberitahuan yang berjudul kadang-kadang dipakai sebagai pengumuman dengan cara menempelkan pada papan pengumuman.
Jika ditinjau dari sifat berita yang disampaikan, isi surat pemberitahuan dapat dibedakan atas dua macam.
1. Pemberitahuan yang isinya merupakan inisiatif pengirim surat
2. Pemberitahuan yang isinya merupakan jawaban atau balasan atas surat yang telah diterima sebelumnya.
Ciri-ciri Surat Pemberitahuan
Ciri yang membedakan surat pemberitahuan dari surat-surat lain yang sifatnya juga mengabarkan adalah pada sifat pengabaranyya. Surat pemberitahuan pada dasarnya semata-mata bersifat mengirim kabar atau berita (news), sedangkan surat lainnya tidak semata-mata bersifat mengirim kabar. Selain mengabarkan, surat-surat yang lain itu mengandung maksud khusus yang tergambar pada nama suratnya, yaitu menawarkan, memesan, memohon, melamar dan sebagainya.
Surat pemberitahuan dapat digunakkan untuk memberitahu sesuatu, misalnya perubahan nomor telepon,pindah alamat, pembukaan cabang baru, perubahan hargadan keperluan lain yang bersifat mengabarkan. Keanekaragaman tersebut diatas menunjukan demikian luasnya ruang gerak pemakaian surat pemberitahuan bagi sebuah organisasi.
Isi Surat Pemberitahuan
Isi surat pemberitahuan pada umumnya terbagi atas tiga bagian :
1. Bagian pembuka, yaitu bagian pengamtar atau pendahuluan yang berisi masalah pokok surat
2. Bagian isi, yaitu bagian yang berisi rincian, uraian, keterangan atau penjelasan dari masalah pokok yang akan diberitahukan.
3. Bagian penutup, yaitu bagian yang pada umumnya berisi harapan agar pihak yang dituju memaklumi hal yang disampaikan, dan bila perlu dalam bagian ini pengirim surat dapat meminta tanggapan atau respon dari penerima surat.
Baca juga contoh surat pemberitahuan
Artikel yang masih berhubungan :
- Pengertian dan Contoh Surat Referensi
- Pengertian Surat Keterangan
- Pengertian dan Contoh Surat Referensi
- Contoh surat keterangan
- Pengertian Surat Rekomendasi
- Pengertian dan Format Surat Pernyataan
- Bahasa Indonesia dalam Fungsi, Ragam dan Laras Bahasa
Url : https://ellopedia.blogspot.com/2010/11/format-surat-pemberitahuan.html
Link : Format Surat Pemberitahuan