-->

ensiklopedia untuk kita semua

Tips Gaming di PC dengan Spesifikasi Rendah


Berawal dari keterbatasan spek PC buat gaming, saya cari 1001 cara buat menyalurkan hasrat nge-game yang membara. Dari iseng-iseng overclocking VGA -zaman purbakala- yang ada di PC, ganti-ganti versi directX sampe pake macem-macem booster buat ngegenjot kartu grafis supaya kinerjanya super optimal.



Ini adalah spek PC saya :

• VGA : NVIDIA GeForce2 MX 100/200
• VGA Memory : 64.0 MB
• DirectX Version : DirectX 10.0 (4.10.0000.5512)
• Processor : Intel(R) Pentium(R) 4 CPU 1.80GHz
• RAM : 766MB (kombinasi angka yang aneh)
• Operating System : Windows XP Professional (5.1, Build 2600) Service Pack 2 

Purbakala banget kan spek PC saya,heheee tapi jangan salah lho biarpun dari zaman batu gitu buat main Warcraft III, Need For Speed Underground dan
GTA Vice City udah lumayan smooth dan ga terlalu ngerusak mata. 

Ini ritual yang saya lakuin supaya gaming di PC ga makan hati gara-gara keterbatasan hardware :

1. RIVATUNER V2.24

Rivatuner saya pake buat overclocking NVIDIA GeForce2 MX 100/200. Awalnya ga berani buat ngotak-ngatik tuh VGA, karena kalo ga teliti pake tool ini dan asal-asalan geser-geser angka parameter bisa-bisa VGA meledak (hiperbola dikit, heheee), tapi apa mau dikata, dengan segenap kekuatan hati dan kenekatan akhirnya saya geser parameter di Rivatuner sedikit saja.

Saya cuma geser GPU Coreclock dan GPU memoryclock masing-masing 5.0 MHz lebih besar dari parameter sebelumnya dengan asumsi lebih besar angkanya maka semakin bagus kinerja VGA-nya (asumsi dibuat dengan anggapan semakin besar nomornya maka kinerjanya akan semaikn yahud juga..heee -padahal ga ngerti- )


2. TUNEUP UTILITIES 2010

Software yang satu ini berguna banget buat maintenance PC yang punya banyak masalah, bisa juga buat personalisasi PC dengan gaya kalian sendiri karena ada menu yang bisa mengubah tampilan XP kalian sesuai selera, dari tampilan LOG ON sampe pada saat BOOTING.

Pembaca: “ woi, jadi apa hubungannya sama gaming?”

Tenang-tenang, jadi pc kalian ga akan enak buat gaming kalo punya banyak masalah. Misalnya : registry yang kacau, hard drive yang jarang di defrag sampai sampah operating system yang ga pernah dibersihiin, itu bisa jadi penyebab komputer lelet.

Tambahan, di software ini ada yang namanya turbo mode, jadi kalau kita pake turbo mode maka secara otomatis task dan service yang ga terlalu penting akan di hentikan buat sementara waktu. Selain itu dengan turbo mode secara otomatis theme XP kalian akan berubah ke classic view sehingga ga terlalu makan memory di VGA, dan bermain game pun terasa nyaman.

3. GAME BOOSTER

GB bekerja dengan mematisurikan servis-servis dan aplikasi yang lagi running di PC kalian yang ga terlalu penting pada saat gaming, so, ada lebih banyak memory yang dipake buat gaming. Piranti lunak keluaran IObit ini cara kerjanya hampir sama dengan turbo mode-nya TU 2010 tapi lebih banyak servis list-nya, jauh lebih ringan dan lebih gampang pakenya. Ada lagi kawan, GB juga punya menu game defragment, Fungsi ini membantu launching dan running game lebih cepat, dengan cara mendefrag folder yang ada gamenya.
4. GAMETHRUST by SWIFTDOG
“This utility will boost your computer game and internet modem setting to increase your speed and performance up to 200%”
Begitulah kira-kira software ini ngejual dirinya, saya ga ngerti cara kerjanya tapi patut dicoba, siapa yang ga mau performa PC yang kita pake meningkat sampai 200%. Gamethrust ringan banget, bobotnya Cuma 3Mb.
5. UPDATE DIRECTX
Awalnya saya rada canggung buat update DirectX karena Nvidia merekomendasikan GeForce2 MX 100/200 pake DirectX versi 7.0.
DirectX berfungsi sebagai jembatan antara game dengan hardware, dikarenakan ada banyak sekali macamnya hardware di dunia ini –akan sangat tidak efektif jika developer game membuat gamenya bisa kompatibel dengan semua macam hardware di PC- maka diciptakanlah DirectX. Sehingga developer game hanya perlu mensinkronkan gamenya dengan directX tersebut, ga jarang banyak CD game di bundle dengan Versi DirectX-nya sendiri.
Jadi PC teman-teman akan semakin siap menghadapi game keluaran terbaru, yang sesuai dengan spesifikasi PC kalian tentunya. Tahu diri lah, hehee.
6. Matikan Antivirus
Sebelum mematikan antivirus kalian harus yakin kalau PC kalian ga terinfeksi oleh virus sebelumnya dan pastikan ga ada flashdisk yang masih nyantol di PC buat menghindari penyebaran virus. Antivirus yang saya pake yaitu Smadav 8.2 dan Kaspersky Internet security 2010, KIS 2010 makan memory fisik 25Mb-an dan Virtual Memory 40Mb-an, lumayan kan kalo memory yang dipake oleh Antivirus dihibahkan ke game. Smadav ga perlu dimatiin karena ga terlalu makan memory dan buat jaga-jaga juga.
7. Emulator
Emulator itu apa?
Apa ya?
Sejenis buaya bukan ya? Oh bukan itu alligator, heheee <= garing
Emulator ya emulator, hehee (lagi-lagi ada statement bodoh)
Pokoknya kalo pake emulator ini kita bisa mainin macem2 konsol game kaya PSX (pe es satu), PS2, PSP, Nintendo Dual screen (NDS), GameBoy Advance dll di komputer kita.
Yang paling mungkin working di PC jongkok dan yang pernah dicoba saya sih emulator buat NDS namanya No$GBA 2.6a (baca: no cash gba) dan emulator buat PSX yaitu ePSXe 1.7.0 dan emulrayden v2.2 dua-duanya berjalan dengan lancar tanpa hambatan.
Cara kerjanya hampir sama, yang perlu kalian lakuin yang pertama download dulu emulatornya, yang kedua download permainannya kalo buat NDS extension-nya .ROM dan kalo buat PSX itu kebanyakan .ISO, .CUE, .bin. googling aja banyak kok di luar sana. Kalo udah bisa running di PC temen-temen harus beli USB joystick, karena dasarnya memang dari konsol game jadi ya –demi kenyamanan bermain game- mau ga mau.
8. Naikan prioritas Game di Taskmanager
Ini merupakan langkah yang sangat mudah dilakukan dan dangat sering saya praktekan kalau gamenya agak nge-lag dan patah-patah (jadi inget penyanyi dangdut, hhee). Syudududuu….
Caranya buka task manager dengan tekan Ctrl+Alt+Del atau klik kanan di taskbar dan klik task manager, lalu pindah ke tab processes. Cari ekstensi dari game yang sedang running, contohnya jika kalian sedang menjalankan epsxe maka klik kanan epsxe.exe dan pilih set priority dan klik High lalu close saja task manager-nya. Beres deh.
Catatan: setiap ekstensi proses game di task manager selalu berbeda-beda, jadi kalau kalian sedang menjalankan game GTA dan mencari ekstensi epsxe, sampai setengah budi juga ga akan ketemu. Hihiii.
9. Ayo Menabung!
Mungkin ini solusi terakhir yang kalian lakukan kalo pengen main game yang grafisnya oke tapi punya VGA yang ga oke.
Sudah saatnya kalian pensiunin VGA keluaran 25 tahun yang lalu itu, kasian jg tuh prosessor Pentium III udah batuk-batuk terus. heheee
Buat yang anak juragan jadi pengecualian kali ye, tapi kalo buat pelajar n mahasiwa yang cuma mengandalkan uang saku sekolah, uang saku mingguan, menang maen futsal, maen sabung ayam, maen gundu dll agak berat juga buat beli VGA kelas high-end, makanya budayakan menabung! (mendadak jadi duta bank layanan masyarakat…hahaaa)
Sekian dulu tips dan solusi gaming di pc spek rendah dari saya, ga ada maksud buat mengajari apalagi menggurui tapi hanya ingin berbagi. saya selalu terima kritik, saran, pujian, masukan, hinaan, cacian, makian yang membangun (emang ada ya? hihiii). Selamat bermain.
NOTE :
http://ellopedia.blogspot.com tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan dan kerugian yang terjadi karena membaca dan mempraktekan artikel ini, semua kerusakan ditanggung sendiri, do it on your own risk. :p
Untuk share tulisan ini ke temen-temen di facebook, twitter dll silahkan klik share di menu your tool sebelah   kanan atas. Caooo!


4 daerah pengenalan diri 7 jenis Kecerdasan 7 kebiasaan efektif Acceptance alinea penuh kalimat topik anti virus program anti virus protection antivirus antivirus firewall antivirus firewall software antivirus for vista antivirus plus antivirus program antivirus protection antivirus security antivirus windows vista april mop software arti Melankolis arti Phlegmatis aturan Negosiasi avoid v1.01 Bahasa indonesia Berbagai Teori Kepemimpinan BritneyGame business process management training buy antivirus buy antivirus software cerita harry potter cheap antivirus cheap antivirus software ciri EQ Tinggi citra diri coaching management sales training coercive power computer anti virus computer antivirus computer antivirus software contoh konflik antarpribadi contoh paragraf eksposisi contoh paragraf sebab akibat contoh paragraf umum khusus Contoh Surat Contoh surat keterangan contoh surat niaga contoh surat pemberitahuan contoh surat perjanjian contoh surat permintaan keterangan bank contoh surat permintaan referensi Contoh Surat Referensi contoh surat rekomendasi kuliah dasar perilaku organisasi dasar dasar organisasi dasar dasar prilaku kelompok dasar kekuasaan definisi definisi PSIKOFISIK Definisi Kelompok Kerja definisi kepemimpinan definisi koleris definisi Manajemen Konflik Definisi Negosiasi dewasa Emosi Diri Buta Diri terbuka Diri Tersembunyi emotional Affection Emotional Affirmation Emotional Awareness emotional quotient Emulator EQ Rendah fakta lucu dan unik Fakta Perkembangan flights to surat Florence Littaurer Format Surat Pemberitahuan free trial antivirus software funsi bahasa Gambaran Diri Sendiri dan Karakter GAME BOOSTER GAMETHRUST by SWIFTDOG HarrIngton Ingham harry potter hotel in surat hotel surat india hotels in surat introvert ekstrovert Isi Surat Keterangan isi surat referensi itil service management training Jendela Johari jenis surat dinas johari berasal dari Johari Windows John Powell adalah Joseph Luft Kapan film Harry potter yg ke 7 keluar part 1 dan 2 Kecerdasan Emosional Kedewasaan Emosional Kekuasaan (Power) kepemimpinan situasional Kepemimpinan yang efektif keuntungan dan kelebihan komunikasi lisan dan tulisan Klasifikasi Kelompok komunikasi komunikasi Lisan komunikasi publik Komunikasi Tulis konflik Konsep Diri dan Nilai Diri Korespondensi Korespondensi niaga Kuliah Laras bahasa legitimate power makna PSIKOSOMATIS makna tujuh kebiasaan efektif Manajemen manajemen diri Manajemen Konflik Manajemen Konflik adalah manajemen perilaku organisasi Materi Kuliah Matikan Antivirus Matriks Manajemen Waktu Mengenal Tipe Kepribadian Manusia menulis paragraf naratif metode paragraf micro trend antivirus model komunikasi Naikan prioritas Game di Taskmanager nilai dan realita online business management training Paragraf pc antivirus pc antivirus software pengertian Pengertian Citra Diri pengertian Kepribadian pengertian Manajemen Konflik Pengertian Negosiasi pengertian paragraf Pengertian Pengembangan Diri pengertian referensi pengertian referensi adalah pengertian Sangunis Pengertian Surat Keterangan Pengertian Surat Pemberitahuan Percaya Diri perilaku kelompok perilaku kelompok organisasi Perilaku Organisasi Perilaku Politik Pola Emosi Reaktif powered by wordpress prank proaktif reaktif project management training classes property in surat Proses Negosiasi Psikologi ragam bahasa Raymond Ross realitas politik referensi adalah refrensi adalah rekomendasi kerja review Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 reward power RIVATUNER V2.24 sinergi software iseng software jail jahil Stage of group development Strategi Negosiasi surat surat diamonds surat hotels surat india surat keterangan jabatan dalam organisasi surat keterangan jabatan organisasi surat news surat pemberitahuan resmi surat rekomendasi dokter surat thani surat thani thailand Syarat Paragraf Syarat surat Perjanjian taktik kekuasaan tanggal tayang perdana Harry Potter 7 part 1 tawar-menawar teknik image management Teknik Pengambilan Keputusan Teknik Presentasi Teori Kepribadian Umum Teori Komunikasi Teori perilaku Tim Atau Kelompok Tips Gaming di PC dengan Spec Rendah trend antivirus tujuan surat keterangan TUNEUP UTILITIES 2010 Unknown Self unsur citra diri unsur komunikasi UPDATE DIRECTX virus protection virus protection software wp