o Communication ( Inggris)
o Communicatio ( Latin )
o Communis = sama
Menurut Raymond Ross, proses pengiriman ide atau pikiran dari suatu pihak kepada pihak lainnya dengan maksud menimbulkan pengertian di dalam pikiran penerima komunikasi.
Menurut Brown, proses yang melibatkan usaha–usaha untuk mengelompokkan, memilih dan mengirimkan lambang–lambang sedemikian rupa sehingga membantu seorang pendengar atau penerima mengamati dan menyusun kembali dalam pikirannya arti atau makna yang terkandung dalam pikiran pengirim/komunikator.
Menurut Brown, proses yang melibatkan usaha–usaha untuk mengelompokkan, memilih dan mengirimkan lambang–lambang sedemikian rupa sehingga membantu seorang pendengar atau penerima mengamati dan menyusun kembali dalam pikirannya arti atau makna yang terkandung dalam pikiran pengirim/komunikator.
Komunikasi Proses penyampaian pesan dari komunikator ke komunikan
Komunikatif : Kedua belah pihak mengerti makna yang disampaikan
Proses Komunikasi : Verbal & Non Verbal
3 Tujuan Komunikasi (Techniques for Effective Communication)
- To Secure Understanding
- To Establish Acceptance
- To Motivate Action
Syaratnya :
- Good intentions (itikad baik)
- Trustworthiness (layak dipercaya)
- Competence or expertness (cakap atau ahli)
UNSUR – UNSUR KOMUNIKASI
• Sender (pengirim/komunikator), orang yang secara nyata mengirimkan dan menjadi sumber informasi
• Receiver (penerima/komunikan), individu/kelompok tertentu yang merupakan sasaran pengiriman informasi
• Message (pesan), sesuatu yang dikirim atau disampaikan
• Maksud / Tujuan, alasan mengapa informasi dikirimkan atau diterima
• Encoding (penyandian), pengubahan pesan ke dalam lambang/sandi oleh pengirim
• Decoding (penguraian isyarat), pesan yang diterima dalam bentuk lambang, diubah kembali oleh penerima menjadi pengertian
Riset Tentang Informasi
Komunikasi lisan, hanya 50% yang diingat atau diterima. Pada perkuliahan, penyerapan informasi hanya 25 – 52 persen saja. Informasi dari pimpinan yang diserap hanya 20 – 60 persen saja. Penerima informasi lebih cenderung menerima informasi yang Positif saja dan tidak mengabaikan berita yang tidak diinginkan. Informasi lebih dipercaya jika sesuai dengan bahasa tubuh
Komunikasi antar Pribadi
• Perhatikan: how you look, how you smile, inner beauty, eye contact, voice expression
• Mengucapkan nama dengan suara yang jelas, jika tidak mendengar nama lawan bicara kita boleh bertanya lagi.
• Perhatikan personal contact
• Cara berjabat tangan sekitar 3 – 4 detik : Melihat mata yang bersangkuta, Senyum, Tubuh sedikit ke depan
Hal-hal yang harus dihindarkan dalam percakapan
• Memotong pembicaraan orang lain
• Memonopoli pembicaraan atau percakapan
• Membicarakan hal-hal yang dapat menimbulkan pertentangan
• Pembicaraan tentang penyakit atau kematian
• Menanyakan harga barang orang lain
• Menanyakan masalah yang bersifat pribadi
• Gosip/berita yang belum tentu kebenarannya
Sikap : Agresif, Permisif dan Asertif
Komunikasi di Depan Publik :
- Pembukaan
- Alasan mengapa penting didengarkan oleh audience
- Pemikat
- Isi
- Rangkuman
- Penutup
Tujuan Presentasi
· Presentasi untuk menghibur
· Presentasi untuk menyampaikan informasi
· Presentasi untuk mempengaruhi
Teknik Presentasi
Diagram bullet
Visual : penampilan, bahasa tubuh, dll
Vokal : Suara (volume, irama) dll
Verbal : isi pembicaraan
Membangun kesan positif di mata hadirin
o Penampilan fisik (busana,sepatu,asesoris,make up)
o Sikap
o Etika (tata krama,sopan santun)
Visual/Bahasa Tubuh
Ekspresi Wajah
o Ramah
o Ceria
o Penuh keyakinan
o Semangat
Kontak mata
o Mata mengekspresikan emosi
o Jika anda tidak memperhatikan hadirin, mrk juga tidak akan memperhatikan anda
o pandang hadirin saat bicara & mendengarkan
o pandang sekilas/jangan terlalu lama
Posisi tubuh dan kaki
o Berdiri tenang
o Posisi mudah ganti tranparansi/mengoperasikan LCD
o Jarak kedua tumit (wanita +/- 10cm, laki-laki 10-25cm
Yang harus Dihindari
o Memandang hadirin terlalu lama
o Melihat ke benda sekeliling, bukan pada hadirin
o Fokus ke catatan,flipchart,transparansi,white board
o Menggaruk bagian apa saja dari tubuh
o Tangan masuk saku
o Memainkan cincin,jam,pena,kuku,kartu,pointer
o Tangan masuk ke saku
o Berdiri di satu kaki
o Menyilangkan kaki
o Bergoyang kesana kemari
o Menekan lantai dengan tumit
Vokal / Suara
Volume : Keras (menunjukan kegairahan dan menarik perhatian)
Laju :
· Terlalu cepat > Sulit diikuti
· Terlalu lambat > Membosankan
· Variasi > Sesuai kebutuhan
Irama / Ritme :
· Jangan mendatar (monoton)
· Ada jeda, tapi jangan terlalu lama
· Menghilangkan kebiasaan latah
Baca juga Komunikasi Dalam Organisasi
Download slideshow-nya disini ! |
Url : http://ellopedia.blogspot.com/2010/11/teori-komunikasi.html
Link : Teori Komunikasi