-->

ensiklopedia untuk kita semua

Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dan merupakan proses penyampaian pesan tersebut.

Komunikasi dalam organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan berbagai pesan di dalam organsisai, baik dalam kelompok formal mauun informal.

Unsur-Unsur Komunikasi
  1. Sender (pengirim/komunikator), orang yang secara nyata mengirimkan dan menjadi sumber informasi
  2. Receiver (penerima/komunikan), individu/kelompok tertentu yang merupakan sasaran pengiriman informasi

  3. Message (pesan), sesuatu yang dikirim atau disampaikan
  4. Maksud / Tujuan, alasan mengapa informasi dikirimkan atau diterima
  5. Encoding (penyandian), pengubahan pesan ke dalam lambang/sandi oleh pengirim
  6. Decoding (penguraian isyarat), pesan yang diterima dalam bentuk lambang, diubah kembali oleh penerima menjadi pengertian

Hambatan dalam Proses Komunikasi
  1. Hambatan Fisik ( Suara pelan, media ,pesan datang bersamaan, dll).
  2. Hambatan Psikologis (Emosi, menilai lawan bicara, menerima sesuai harapan saja).
  3. Semantik ( Beda persepsi, budaya,pola pikir)

    Cara mengatasi Kegagalan komunikasi
    Gunakanlah :
    1. Umpan balik / konfirmasi
    2. Menggunakan beberapa asaluran komunikasi
    3. Menggunakan Komunikasi tatap muka / face to face
    4. Peka terhadap keadaan / situasi penerima
    5. Sadari isyarat non verbal / simbolik
    6. Bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele
    7. Memperkuat perkataan dengan perbuatan 

     fungsi komunikasi dalam organisasi
    1.  Fungsi Pengendalian
    2.  Fungsi Motivasi
    3.  Fungsi Ekspresi Emosi
    4.  Fungsi Informasi


    Arus Komunikasi dalam Organisasi

    Komunikasi ke Atas (Vertikal)
    Pesan yang dikirim dari tingkat hierarki yang lebih rendah ke tingkat yang lebih tinggi. Mencakup :
    1. Kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan
    2. Masalah yang berkaitan dengan Pekerjaan
    3. Gagasan dan saran perubahan
    4. Perasaan yang berkaitan dengan pekerjaan

    Masalah yang mungkin timbul :
    1. Pesan tidak ditanggapi karena atasan tidak berwenang
    2. Adanya penyaringan Pesan
    3. Terlalu banyak pesan yang masuk, membuat binggung
    4. Lokasi atasan dan bawahan secara fisik berjauhan


    Komunikasi ke bawah (Vertikal)
    Pesan yang dikirim dari tingkat hierarki yang lebih tinggi ke tingkat yang lebih rendah. Mencakup :
    1. Perintah
    2. Penjelasan prosedur, tujuan, dsb.
    3. Pemberian motivasi
    4. Penilaian

    Masalah yang Timbul :
    1. Berbicara dalam bahasa yang berbeda


    Komunikasi Lateral
    Pesan antar sesama dalam satu level. Mencakup :
    1. Pertukaran informasi
    2. Pemecahan masalah
    3. Membangun semangat Kerja

    Masalah yang Timbul :
    1. Bahasa yang berbeda diantara Divisi
    2. Egoisme departemen


    Jaringan Komunikasi
    adalah saluran yang digunalan untuk meneruskan pesan dari satu orang keorang lain.


    1.  Jaringan Formal adalah Komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi pada organisasi. Isi Komunikasi : Cara-cara kerja dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi : memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi 

    1. Jaringan Informal adalah Komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasinya sendiri, tetapi lebih pada para anggotanya secara individual. Isi Komunikasi : Kegiatan yang menyangkut kehidupan sosial anggota dalam organisasi, selentingan, desas desus.
    Ciri-ciri Jaringan Informal
    1. Tidak dikendalikkan oleh Manajemen
    2. Dipercaya kebenarannya oleh Karyawan
    3. Digunnakan untuk kepentingan pribadi masing-masing



    STRUKTUR JARINGAN KOMUNIKASI

    Struktur Lingkaran

    1. STRUKTUR LINGKARAN.

    Struktur Lingkaran tidak mempunyai pemimpin.Semua anggota posisinya sama. Mereka memiliki wewenang atau kekuatan yang sama untuk mempengaruhi kelompok. Setiap anggota bisa berkomunikasi dengan dua anggota lain di sisinya

    STRUKTUR RODA
    2. STRUKTUR RODA. Pemimpin jelas, posisisnya di pusat. Orang ini satu-satunya yang dapat mengirim dan menerima pesan dari semua anggota









    STRUKTUR Y

    3. STRUKTUR Y.
    Pemimpin jelas (orang ke tiga dari bawah), dan juga ada pemimpin kedua (orang ke dua dari bawah).











    4. STRUKTUR RANTAI.
    STRUKTUR RANTAI.
    Mirip dengan struktur lingkaran, bahwa para anggota hanya dapat berkomunikasi dengan orang yang berada disampingnya saja. Orang di tengang lebih berperan sebagai peimimpin.




    STRUKTUR SEMUA SALURAN
    5. STRUKTUR SEMUA SALURAN.
    Semua anggota bisa saling berkomunikasi. Pola ini memungkinkan adanya partisipasi anggota secara optimum.



    6. KABAR BURUNG (DESAS DESUS)
    Jenis komunikasi yang ada dalam Organisasi namun tidak mengikuti pola struktur yang ada, sulit dilacak sumber asli dari pesannya.


    Baca juga : Teori Komunikasi

    4 daerah pengenalan diri 7 jenis Kecerdasan 7 kebiasaan efektif Acceptance Bahasa indonesia Berbagai Teori Kepemimpinan BritneyGame Contoh Surat Contoh Surat Referensi Contoh surat keterangan Definisi Kelompok Kerja Definisi Negosiasi Diri Buta Diri Tersembunyi Diri terbuka EQ Rendah Emotional Affirmation Emotional Awareness Emulator Fakta Perkembangan Florence Littaurer Format Surat Pemberitahuan GAME BOOSTER GAMETHRUST by SWIFTDOG Gambaran Diri Sendiri dan Karakter HarrIngton Ingham Isi Surat Keterangan Jendela Johari Johari Windows John Powell adalah Joseph Luft Kapan film Harry potter yg ke 7 keluar part 1 dan 2 Kecerdasan Emosional Kedewasaan Emosional Kekuasaan (Power) Kepemimpinan yang efektif Klasifikasi Kelompok Komunikasi Tulis Konsep Diri dan Nilai Diri Korespondensi Korespondensi niaga Kuliah Laras bahasa Manajemen Manajemen Konflik Manajemen Konflik adalah Materi Kuliah Matikan Antivirus Matriks Manajemen Waktu Mengenal Tipe Kepribadian Manusia Naikan prioritas Game di Taskmanager Paragraf Pengertian Citra Diri Pengertian Negosiasi Pengertian Pengembangan Diri Pengertian Surat Keterangan Pengertian Surat Pemberitahuan Percaya Diri Perilaku Organisasi Perilaku Politik Pola Emosi Reaktif Proses Negosiasi Psikologi RIVATUNER V2.24 Raymond Ross Stage of group development Strategi Negosiasi Syarat Paragraf Syarat surat Perjanjian TUNEUP UTILITIES 2010 Teknik Pengambilan Keputusan Teknik Presentasi Teori Kepribadian Umum Teori Komunikasi Teori perilaku Tim Atau Kelompok Tips Gaming di PC dengan Spec Rendah UPDATE DIRECTX Unknown Self alinea penuh kalimat topik anti virus program anti virus protection antivirus antivirus firewall antivirus firewall software antivirus for vista antivirus plus antivirus program antivirus protection antivirus security antivirus windows vista april mop software arti Melankolis arti Phlegmatis aturan Negosiasi avoid v1.01 business process management training buy antivirus buy antivirus software cerita harry potter cheap antivirus cheap antivirus software ciri EQ Tinggi citra diri coaching management sales training coercive power computer anti virus computer antivirus computer antivirus software contoh konflik antarpribadi contoh paragraf eksposisi contoh paragraf sebab akibat contoh paragraf umum khusus contoh surat niaga contoh surat pemberitahuan contoh surat perjanjian contoh surat permintaan keterangan bank contoh surat permintaan referensi contoh surat rekomendasi kuliah dasar perilaku organisasi dasar dasar organisasi dasar dasar prilaku kelompok dasar kekuasaan definisi definisi PSIKOFISIK definisi Manajemen Konflik definisi kepemimpinan definisi koleris dewasa Emosi emotional Affection emotional quotient fakta lucu dan unik flights to surat free trial antivirus software funsi bahasa harry potter hotel in surat hotel surat india hotels in surat introvert ekstrovert isi surat referensi itil service management training jenis surat dinas johari berasal dari kepemimpinan situasional keuntungan dan kelebihan komunikasi lisan dan tulisan komunikasi komunikasi Lisan komunikasi publik konflik legitimate power makna PSIKOSOMATIS makna tujuh kebiasaan efektif manajemen diri manajemen perilaku organisasi menulis paragraf naratif metode paragraf micro trend antivirus model komunikasi nilai dan realita online business management training pc antivirus pc antivirus software pengertian pengertian Kepribadian pengertian Manajemen Konflik pengertian Sangunis pengertian paragraf pengertian referensi pengertian referensi adalah perilaku kelompok perilaku kelompok organisasi powered by wordpress prank proaktif reaktif project management training classes property in surat ragam bahasa realitas politik referensi adalah refrensi adalah rekomendasi kerja review Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 reward power sinergi software iseng software jail jahil surat surat diamonds surat hotels surat india surat keterangan jabatan dalam organisasi surat keterangan jabatan organisasi surat news surat pemberitahuan resmi surat rekomendasi dokter surat thani surat thani thailand taktik kekuasaan tanggal tayang perdana Harry Potter 7 part 1 tawar-menawar teknik image management trend antivirus tujuan surat keterangan unsur citra diri unsur komunikasi virus protection virus protection software wp